“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Pesona Pulau Gili Labak Madura

:: Pulau Gili Labak Dari Kejauhan ::

Hallo ... lama rasanya udah gak nyoret2 nih blog. Kasihan gara-gara kesibukan kuliah akhirnya blognya dilupakan. Tapi tak apalah setidak nya masih disempat-sempatkan. :D

Guys kali ini aku akan berbagi cerita traveling ku di sebuah pulau di ujung timur Madura. Karena aku adalah termasuk orang suka traveling tuh, makanya ketika dapat radar spot baru yang keren nih hasrat ku untuk kesan langsung memuncak, apalagi ini di Madura. hahaa maklum masi darah muda kali ya. :3


Rasa penasaranku berawal ketika terdengar kabar bahwasannya terdapat sebuah pulau mungil yang cantik nan mempesona di sebuah gugusan kepulauan tepatnya di Kabupaten Sumenep. Ya kabupaten yang terletak di paling ujung pulau Madura ini memang terkenal memiliki banyak pulau-pulau yang berpenghuni maupun tak berpenghuni. Nahhh pulau yang akan kita bicarakan kali ini namanya adalah Pulau Gili Labak. Pulau ini termasuk dalam teritorial kecamatan Talango guys. 

:: Pulau Gili Labak Tampak Atas ::

Untuk sampai ke pulau ini ada beberapa rute yang bisa kita tempuh. Biar lebih jelasnya mari kita gunakan bantuan google map untuk mengetahui letak pasti dari pulau ini guys. Posisi pulau Gili Labak terletak pada koordinat ( -7.202875, 114.046499 ), kalian bisa copas / searching koordinat tersebut di google map untuk melihat posisinya. Perhatikan peta jalur menuju pulau Gili Labak pada gambar yang udah aku buat ini ya :

:: Peta Jalur Menuju Pulau Gili Labak ::
Rute 1 : Dari pelabuhan Kalianget kita menyebrang ke pulau Poteran (Talango) menggunakan kapal tongkang. Biaya per sepeda motor Rp 3.000, itu udh plus dgn pengendaranya. Jika menggunakan mobil kurang lebih Rp 20.000. Perahu tongkang ukurannya cukup besar, muatannya juga cukup untuk menampung mobil dan truck. Namun kapal tongkang ini hanya tersedia satu unit saja untuk melayani penyebrangan. Jadi jika ingin menggunakan kapal ini ya harus bersabar gantian. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama kalian bisa naik perahu nelayan. Namun perahu nelayan ini hanya bisa mengangkut motor dan penumpang saja, tidak bisa untuk mengangkut mobil. Jika menggunakan perahu nelayan harganya lebih mahal yaitu Rp 5.000 per sepeda motor. Tapi saran ku sih mending kalian naik kapal tongkang saja. Selain lebih murah juga lebih aman untuk ditumpangi. Lama penyebrangan kurang lebih hanya 10 menit saja. Setelah sampai di pelabuhan pulau Poteran ( Talango ), perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur darat menuju ke desa Kombang. Jika kalian masi bingung dengan medan disana bisa bertanya ke penduduk sekitar.. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 30-45 menit mengingat jalan yang sudah mulai rusak. Setibanya di desa Kombang disana sudah banyak perahu nelayan yang siap mengantarkan ke pulau Gili Labak. Disini kalian harus pandai menawar ketika akan menyewa kapal. Harga sewanya berkisar 100-200 ribu PP.

Rute 2 : Dari pelabuhan Kalianget kita langsung menyewa perahu yang ada disekitar pelabuhan. Biasaya kendaraan yang kita bawa dititipkan ke pemilik perahu. Harga sewa perahu biasanya berkisar Rp 300.000 untuk perahu ukuran kecil ( isi 10-15 orang ) dan Rp 600.000 untuk perahu ukuran besar ( isi 20-30 orang ). Dari pelabuhan Kalianget kita akan langsung berlayar menuju pulau Gili Labak. Waktu tempuh selama perjalanan laut kurang lebih 2.5 jam. Namun untuk pulangnya waktu tempuhnya lebih cepat sekitar 1.5 jam dikarenakan pada saat pulang perahu berlayar searah arus ombak.

Rute 3 : Rute ini melalui sebuah kecamatan yang bernama Saronggi. Kecamatan ini terletak dijalan profinsi sebelum kita memasuki kota Sumenep. Dari Saronggi kita dapat menyewa kapal kemudian langsung berlayar menuju Gili Labak. Menurut info yang saya dapat, jalur melalui Saronggi ini bisa memangkas waktu satu jam lebih cepat dari pada lewat pelabuhan Kalianget. Namun keterbatasan informasi yang aku dapat, aku sarankan kalian pilih antara rute 1 dan 2 saja yang lebih umum.


:: Sebelah Kiri Perahu Nelayan & Sebelah Kanan Kapal Tongkang utk penyebrangan ::

Next, Kenapa pulau ini patut untuk diperbincangkan ? Karena pulau ini menyimpan sebuah pesona pantai yang sangat luar biasa. Kalo aku sih menyebutnya "Karimunjawa rasa Madura". hihihi ... Bagaimana tidak, keindahan pantai karimunjawa yang tersohor itu ternyata dapat juga kita rasakan di pulau ini teman. Dengan air lau yang jernih dan ombaknya yang tenang, kita dapat melakukan banyak aktifitas seperti berenang, memancing, main perahu, dan snorkling. Nahh untuk kegiatan yang terakhir ini perlengkapan harus kita bawa sendiri karena disana tidak terdapat persewaan, dan sangat aku saranin deh buat dicobain. Karena terumbu karangnya masih bagus dan banyak ikan-ikan yang bermukim disekitarnya. Aku juga sempet nemuin bintang laut biru yang cantik. Oia namun aku peringatkan kembali bagi yang melakukan snorkling agar lebih berhati-hati terhadap bulu babi yang banyak terdapat disekitar terumbu karang. Karena kemaren saat kesana aku sendiri juga kenak. -_- Nih aku bagi tips bagi kalian yang misal gak sengaja nyentuh tuh hewat aneh menjijikan, langsung saja dikencingi bagian yang tertusuk. Kemudian jangan sekali-sekali mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan karena itu malah akan membuat duri yang tersisa semakin masuk kedalam kulit. Jika ada lakukan penanganan ini menggunakan pinset.

Berikut galeri foto-foto yang berhasil aku abadikan selama disana. Selamat menikmati keindahan pulau Madura. :)

:: Blue Starfish Pulau Gili Labak ::
:: Joging di Pulau Gili Labak Dulu Cek Gak Salah Paham ::
:: Dan Ini Adalah Saya . Macak Penjaga Pantai Pulau Gili Labak. :D ::
:: Pohon Unik Disekitar Pantai Pulau Gili Labak ::
:: Indahnya Mahakarya Sang Pencipta Pulau Gili Labak ::
:: We'r My Team at Gili Labak Island ::

:: Menyisir Pulau Gili Labak ::
:: Menikmati Sunset Saat Perjalanan Pulang Dari Pulau Gili Labak ::



34 komentar:

Anonim mengatakan...

Kapan bro ke gili labak? kebetulan juga besok jg mau maen ksana.. thanks riviewnya..

Admin mengatakan...

Sekitar 2 bulanan yg lalu sam. Monggo sam pulaunya keren banget. gn lupa pakek sunblock klo gak pengen kulitnya terbakar. :D

Admin mengatakan...

Semoga reviewnya beermanfaat ya. :)

Septiarani Amalia Risca mengatakan...

kak, habis berapa duit ksana ya ?
trus ada penginapan disana nggak ?
makasih kaaak

Admin mengatakan...

Kmren aku ksn biaya nya habis 35 rbuan per orang. Itu utk sewa perahu seja.
Disana gak ada penginapan. Cuma klo mau tinggal drmh warga insya boleh kok.
Saran saya mending bawa tenda, kmudian camp dsn. Lebih berasa liburannya. :)

M E N G O D mengatakan...

sewa perahunya berapa ya mas? kebetulan bulan depan saya mau ngetrip kesana.. ada persewaan untuk snorkling juga ato gimana ya mas? soalnya spotnya bagus buat snorkling.. thanks

Admin mengatakan...

Utk biaya sewa perahu kan sdh sy jabarkan diatas mas. Klo sewa snorkling smntara dsn blm ad. Bs dibawa sendiri dr rmhnya. Krn spot snorkling nya mmg bagus.

Unknown mengatakan...

Sewa perahunya bisa langsung dtempat ya mas?

Unknown mengatakan...

Sewa perahunya bisa langsung dtempat ya mas?

Admin mengatakan...

Iya bs kok.. tinggal pilih saja mau nyebrang dr pelabuhan kalianget atau desa kombang. Jgn lupa utk ditawar harga perahunya.

NB ; pakai bahasa madura ya. :D

Unknown mengatakan...

mas bisa nginep ga mas di gili labaknya?

Admin mengatakan...

Iya bisa kok. Pilihannya bisa bermalam pakek tenda atau memanfaatkan gazebo warga dsn. Penduduknya ramah2

club plesir mengatakan...

Dr surabaya ke kalianget lama perjalan berapa jam ?

Utk menyebrang ke gili labak mulai jam berapa aja ?

Admin mengatakan...

Dr surabaya ke kalianget kurang lebih 3,5 jam.
Disarankan jika mau menyebrang kesana pagi krn ramai perahu.

Unknown mengatakan...

thanks informasinya, bermanfaat :D

Nur Bustomi Makmun mengatakan...

Mas mohon infonya. Saya & 4 teman saya berencana kesana menggunakan transport umum. Kira2 ada angkutan umum gk mas dr pelabuhan talango ke desa kombang?
Saran mas, kami lbh baik pilih rute yg mana? Brhubung kami tidak menggunakan kendaraan pribadi & kami hanya 5org.
Trimakasih

Nur Bustomi Makmun mengatakan...

Mas mohon infonya. Saya & 4 teman saya berencana kesana menggunakan transport umum. Kira2 ada angkutan umum gk mas dr pelabuhan talango ke desa kombang?
Saran mas, kami lbh baik pilih rute yg mana? Brhubung kami tidak menggunakan kendaraan pribadi & kami hanya 5org.
Trimakasih

Unknown mengatakan...

Mas kalo nawar pake bahasa indo ngerti gak orgnya? Soalnya saya gak bisa bhasa madura

Terus klo sewa kapal buat berdua ada gak mas, dan brp harganya. Mohon infonya

Unknown mengatakan...

Ayo kesana tanggal 8-9 agustus....open trip....300rb meeting poin stasiun gubeng sby....085748840101
Hehhehe

Admin mengatakan...

Klo kendaraan umum di talango ke kombang sy kurang bgtu paham mas. Tp klo semacam ojek mngkin ad.
Ya klo mmg pengen simple sh langsung aja naek perahu dr kalianget ke gili labak. Cuman ya itu ntr lama di lautnya

Admin mengatakan...

Bisa kok.. Orgnya dsn ya ga terlalu kolot bgt gt jd sek paham lah bahas madura.
Klo hanya berdua sebenere sh bs mas. Cuma yaitu ntr urunan biayanya makin mahal. 😁
Harganya kisaran 300-400 an plg mas

Admin mengatakan...

Ayo wes sikat sam.

Admin mengatakan...

Alhamdulillah bang

Unknown mengatakan...

Kapal yg paling kecil ada nggak buat 5 orang ? Sewanya brp? Thanks, brai

Unknown mengatakan...

Bisa minta kontak perahunya bro? Makasi

Unknown mengatakan...

Utk informasi tentang gili labak biaya dan penginapan bisa hubungi saya, kebetulan rumah saya dipesisir desa kombang pulau poteran, langsung berhadapan dg pulau gili labak, jarak tempuh lebih cepat sekitar 1 jam perjalanan dan biaya lebih murah. Tiap minggu banyak wisatawan yg berangkat dari rumah karena jarak tempuh lebih cepat. Untuk yang lebih simple berangkat dari pelabuhan kalianget dengan biaya yang lebih mahal dan jarak tempuh sekitar 2-3jam
Pin BB: 24ED643A 51C5955A
No HP : 087750066266 / 083807163506

#untuk BBM sinyal terkadang tidak mendukung bisa langsung hubungi nomer ponsel

Agungprast mengatakan...

join us now trip GILILABAK with AON (Adventure or never)
17-18 oktober sisa 9 seat.
24-25 oktober sisa 8 seat
-----------------------------------------------
Harga : 235K
Meeting point : surabaya
Fasilitas :
🚗 transport PP (Surabaya - kalianget)
⛵perahu pp (kalianget - gililabak)
🏊snorkling set dan jaket pelampung
🍱makan 1x
🍪roti dan air mineral
💱retribusi tiket, tol, bensin dll
🏥obat-obat an
📷dokumentasi panorama dan underwater
🏰rest area kalianget + wifi

Reservasi :
Tlp / WA : 089675678946
BBM : 5471C975 / 516D1DD2
IG : adventureornever.

Kalian yang memiliki jadwal sendiri?
Atau punya jadwal trip group sendiri ?
Silahkan konsultasi dengan kami, kami siap membantu dengan senang hatiIsi seat yang masih kosong, liburan kalian di jamin gak boring bro, murah sudah include all service lagi yukk

Unknown mengatakan...

Mau liburan Grup / Privat, Honeymoon harga murah,
kami melayani : Gili Labak - Batu - Malang Selatan - Banyuwangi - Lumajang - Rafting - Bromo - Gunung Kidul - Jogja - Bali Dll...

- Free Antar / jemput Bandara / Stasiun

Best Regards
Halo Indonesia Tour & Travel
P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
081235618281 / 085730077308
54E0B52 / 7ECC7D00
www.halo-indonesia.com

Dwi Puspita mengatakan...

indah sekaliiiii..pengen kesini juga....

Pantai Pulau Gili Labak - Sumenep mengatakan...

Saya sudah kesana beberapa kali dengan beberapa teman dari blogger madura serta teman2 asli sumenep, memang bagus pantai serta pemandangan bawah laut, tolong ya dijaga alam di pulau gili labak biar makin terkenal.. he he..

salam,

PulauMadura.com

Admin mengatakan...

Dulu msh sekitar 300 rbuan. Tp skrg sdh 500 rbuan

Admin mengatakan...

Iya pulau dan pantainya memang bagus mbak. Patut untuk dicoba. :)

Admin mengatakan...

Sama masss.. sy jg sdh bbrp kali ksn. Skrg sdh banyak berkembang fasilitas2 yg ad disana. Smg kedepannya kebersihan dan keindahannya akan tetap slalu terjaga. :)

Admin mengatakan...

Bisa pm ke twitter (@irsyaaddd) atau FB saya (Abdillah Irsyad El Nur) ya mas.

Posting Komentar